1.2 PROSEDUR
Pernahkah Anda mendengar istilah prosedur?
Biasanya istilah ini muncul di dalam sebuah kemasan makanan, obat, dan lainnya.
Prosedur memang bukan lagi istilah yang awam di telinga kita, bahkan pengertian
prosedur menurut para ahli juga banyak yang sudah dipelajari. Secara singkat
prosedur bisa dimaknai dengan peraturan. Lengkapnya, prosedur adalah aturan
dalam bermain, bekerja sama, berkoordinasi sehingga unit-unit dalam suatu
sistem dapat berinteraksi secara efisien dan efektif. Makna lain diungkapkan dalam
bidang manajemen, prosedur dimaknai sebagai langkah-langkah atau tahapan serturutan
pekerjaan untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Jadi, prosedur lebih
menekankan pada sebuah tahapan atau urutan yang sistematis hingga bisa tercapai
suatu hasil yang maksimal. Selain pengertian yang dilihat secara singkat dan
umum di atas, masih ada lagi beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para
pakar. Berikut ini adalah pengertian prosedur menurut para ahli .
Menurut Ismail Masya, prosedur adalah suatu
rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan berup urutan waktu dan tata cara
tertentu untuk melaksanakan pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang.
Menurut Gerald Cole, prosedur adalah suatu
urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun
untuk menjamin adanya perlakuan seragam terhadap transaksi perusahaan.
Menurut M. Ali, prosedur adalah tata cara
dalam menjalankan suatu pekerjaan.
Menurut Narko, prosedur adalah serangkaian
titik rutin yang diikuti dalam melaksanakan suatu wewenang fungsi dan
operasional.
Menurut Kamaruddin, prosedur adalah suatu
susunan teratur sebuah kegiatan yang berhubungan satu denganblainnya dan
prosedur-prosedur yang berkaitan memudahkan dan melaksanakan kegiatan utama dari
suatu organisasi.
Menurut Fauzi, prosedur adalah urutan
pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang
disusun untuk menjain adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi
perusahaan yang sering terjadi.
Menurut Amin Widjaja, prosedur adalah
sekumpulan bagian yang saling berkaitan.
Menurut Mulyadi, prosedur adalah urutan
kegiatan klerikal yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam sebuah
organisasi, dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam
transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang. Prosedur
bisa didokumentasikan atau tidak, tergantung dengan kebutuhan dari setiap
organisasi atau perusahaan. Prosedur yang didokumentasikan disebut dengan
prosedur tertulis. Biasanya prosedur jenis ini memiliki aturan formal yang
harus dipatuhi. Aturan-aturan tersebut antara lain. Struktur, maksud, dan ruang
lingkup suatu kegiatan. Siapa yang bertanggung jawab menerakan prosedur Acuan
atau dokumen terkait Proses atau tahapan kegiatan yang perlu dilakukan,
bagaimana melakukan, dan di mana akan dilakukan Bahan, alat, dan dokumen yang digunakan
Dokumentasi dan rekaman Lampiran Informasi pengendalian Berdasarkan pengertian prosedur
menurut para ahli di atas dan juga aturan formal prosedur tertulis, kita bisa menyimpulkan
bahwasanya prosedur bisa diartikan sebagai suatu tata cara atau urutan untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan dengan urutan waktu dan pola kerja yang tetap dan
telah ditentukan. Sebuah organisasi atau perusahaan yang bekerja dengan
mengikuti prosedur yang berlaku akan mendapatkan hasil maksimal pada setiap
pekerjaannya. Prosedur memang harus direncanakan agar dalam setiap langkahnya
tidak mengalami keekliruan.
sumber:
necel.wordpress.com
ondyx.blogspot.com
yadi93.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar