Senin, 04 Januari 2016

Tugas Jurnal : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK PADA PT. ANUGRAH PERTIWI KONTRINDO PALEMBANG

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK
PADA PT. ANUGRAH PERTIWI KONTRINDO PALEMBANG


Universitas Gunadarma

Dian Agustin Sawitri(32112019)
Manajemen Informatika
Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina, Depok 16424
E-mail : dian.agustin94@gmail.com

Abstract

General Contractor within a company, the construction project is a part of the business process that sometimes thinking about constraints in the supply of data and monitoring process. Making this jurnal aims to make desktop-based Management Information System using SQL Server 2008 as the database on PT. Anugrah Pertiwi Kontrindo Palembang.
The method used in this report is the method RUP (Rational Unified Process) to perform Inception phase (beginning), Elaboration phase (expansion / planning), Phase Construction, and Transition phases.
With the existence of a management information system, it is expected to improve the quality of data in the construction of the project will be stored and used as a report.


Keyword

Management Information System, RUP methodology, Project





BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pada era globalisasi ini peranan komputer dapat mendukung kinerja suatu perusahaan. Dengan adanya komputer suatu perusahaan dapat mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan. Perusahaan dapat mengembangkan dan membangun suatu aplikasi yang dapat membantu mereka dalam menjalankan proses operasionalnya. Suatu aplikasi juga dapat membantu mengurangi kesalahan dalam melakukan pencatatan data dan dapat tersimpan dengan aman serta mempercepat dalam proses melakukan pencarian data dan membuat laporan, resiko untuk data hilang atau rusak dapat berkurang dan diatasi.
PT. Anugrah Pertiwi Kontrindo merupakan salah satu perusahaan General Contractor and Supplier yang khususnya bergerak dibidang jasa konstruksi dan sub bidang bangunan bertingkat. Dalam menjalankan aktifitas perusahaan agar berjalan dengan lancar tentunya harus didukung dengan sistem yang mampu mendukung operasional di perusahaan. Oleh karena itu dengan adanya sistem yang akan di bangun ini, dapat mempermudah manajer dalam mengevaluasi informasi mengenai biaya upah pegawai, biaya bahan baku, dan anggaran biaya masuk dan keluar serta membantu dalam pengambilan keputusannya.
Permasalahan yang terjadi di PT. Anugrah Pertiwi Kontrindo yaitu seperti sulitnya menghitung biaya upah pekerja, biaya bahan baku, biaya anggaran masuk dan biaya keluar dalam membangun satu proyek pembangunan.

1.2. Tujuan Penulisan
“Dapat mempermudah manajer dalam mengevaluasi informasi mengenai biaya upah pegawai, biaya bahan baku, dan anggaran biaya masuk dan keluar serta membantu dalam pengambilan keputusannya”.

1.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas maka dapat dirumuskan pokok permasalahan sebagai berikut :
“Sulitnya menghitung biaya upah pekerja, biaya bahan baku, biaya anggaran masuk dan biaya keluar dalam membangun satu proyek pembangunan”.

1.4.Manfaat Penulisan
Manfaat yang diharapkan dari penulisan ini adalah :
a.       Bagi perusahaan
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan perusahaan tentang pentingnya sistem informasi manajemen.
b.      Bagi universitas
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi universitas sebagai tambahan referensi dan dapat memberikan ide-ide untuk pengembangan lebih lanjut bagi rekan-rekan yang akan mengadakan tulisan penelitian di masa mendatang.
c.       Bagi peneliti
Merupakan aplikasi teori yang selama ini didapat diperkuliahan, serta diharapkan dapat digunakan untuk menambah referensi dan mungkin dapat memberikan ide untuk pengembangan lebih lanjut bagi rekan-rekan yang mungkin mengadakan penelitian dalam bidang yang berkaitan dengan tulisan peneliti di masa datang.


BAB II
METODE PENULISAN
2.1. Metode RUP
Metodologi yang digunakan penulis dalam menyusun skripsi ini adalah metodologi Rational Unified Process (RUP). Menurut Rosa A.S (2011, hal105) ”Rational Unified Process (RUP) adalah pendekatan pengembangan perangkat lunak yang dilakukan berulang ulang (Iterative ), fokus pada arsitektur , lebih diarahkan berdasarkan penggunaan kasus.” Proses Pengulangan/iterative pada RUP dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Gambar 2.1.  Metodologi RUP

Ada 4 fase yang akan digunakan adalah sebagi berikut :
1.      Inception (tahap analisis)
Pada tahap ini pengembang mendefinisikan batasan kegiatan, melakukan analisis kebutuhan user, dan melakukan perancangan awal perangkat lunak (perancangan arsitektural dan use case).
2.      Elaboration (Tahap Desain)
Tahap ini lebih di fokuskan pada perencanaan arsitektur sistem. Tahap ini juga mendeteksi apakah arsitektur sistem yang diinginkan dapat dibuat atau tidak
3.      Construction
Pengimplementasian rancangan perangkat lunak yang telah dibuat dilakukan pada tahap ini
4.      Transition (Tahap Deployment)
Pada tahap ini penulis akan menyerahkan perangkat lunak kepada pemakai, melakukan pengujian serta pelatihan. Pada tahap ini penguji tidak melakukan pemeliharaan perangkat lunak, setelah digunakan oleh pemakai pemeliharaan perangkat lunak sepenuhnya diserahkan kepada pemakai.

2.2.Visual Basic 2008
Visual Basic 2008 merupakan program untuk membuat aplikasi berbasis Microsoft Windows secara cepat dan mudah. Visual basic menyediakan tool untuk membuat aplikasi yang sederhana sampai aplikasi kompleks atau rumit baik untuk keperluan perusahaan/instansi dengan sistem yang lebih besar. Visual basic berorientasi pada Object Oriented Programming (OOP) dan dikembangkan dengan basis visual yang berarti menggunakan sarana grafis untuk mengembangkannya. Visual Basic juga bersifat modular programming karena kode-kode program letaknya tersebar di dalam modul-modul (objek-objek) yang terpisahpisah. (Andi Sunyoto, 2007, h.1).
2.3.SQL Server 2008
SQL server 2008 sebuah terobosan baru dari Microsoft dalam bidang database. SQL Server adalah sebuah DBMS (Database Management System) yang di buat oleh Microsoft untuk ikut berkecimpung dalam persaingan dunia pengolahan data menyusul pendahulunya seperti IBM dan Orale. SQL Server 2008 dibuat pada saat kemajuan dalam bidang hardware sedemikian pesat. Oleh karna itu sudah dapat ipastikan bahwa SQL Server 2008 membawa beberapa terobosan dalam bidang pengolahan dan penyimpanan data (Wahana Komputer, 2010, hal 2).

2.4. Analisis Kebutuhan
Tahap analisis kebutuhan bertujuan untuk mendefinisikan kebutuhan dari sistem yang dikembangkan. Dalam menganalisis kebutuhan sistem yang akan dikembangkan, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan permodelan use case.
Gambar 2.2. Diagram Model Use Case


BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Class Diagram
Class Diagram Sistem Informasi Manajemen Proyek Pada PT. Anugrah Pertiwi Kontrindo yaitu :
Gambar 3.1. Class Diagram

3.2. Relasi Antar Tabel
Gambar 3.2. Relasi Antar Tabel


BAB IV
HASIL PROGRAM APLIKASI
4.1. Hasil Program Aplikasi
1.      Pada hasil program aplikasi, pengguna akan dihadapkan pada form login terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan system.
Gambar 4.1. Form Login

2.      Setelah melakukan login, pengguna akan diberikan hak akses sesuai dengan jabatannya masing – masing pada form menu seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 4.2. Form Menu

3.      Setelah masuk ke menu, pengguna akan mengisi data tender proyek sebagai tanda bahwa mereka akan menjadi tender perusahaan kami. Seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 4.3. Form Tender Proyek

4.      Setelah mengisi data tender dan semuanya lengkap maka akan masuklah ke form data proyek. Berikut adalah tampilannya

Gambar 4.4. Form Data Proyek


DAFTAR PUSTAKA

[1]  Hadi, Rahardian 2004, Membuat Laporan dengan Crystal Report 8.5 dan Visual Basic  
       6.0, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
[2]  Jogiyanto 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta
[3]  Kadir,Abdul 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta
[4]  Komputer, Wahana 2010, SQL Server 2008 Express, Andi Offset,Yogyakarta
[5]  Laudon C. Kenneth 2005, Sistem Informasi Manajemen, Andi, Yogyakarta
[6]  Whitten, Jefrey 2006, Metode Desain dan Analisis Sistem : Edisi 6, Andi Offset,

       Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar